KATA SAMBUTAN

SAMBUTAN

KEPALA KEJAKSAAN NEGERI MIMIKA

   
Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga Penegak Hukum dituntut untuk lebih berperan aktif dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakkan hak asasi manusia, serta pemberantasan tindak pidana korupsi. Kejaksaan juga harus mampu terlibat sepenuhnya dalam proses pembangunan antara lain turut menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, serta berkewajiban untuk turut menjaga dan menegakkan kewibawaan pemerintah dan negara serta melindungi kepentingan masyarakat. 
Kejaksaan Negeri Mimika beralamat di Jalan Agimuga Nomor 7 Mile 32 Distrik Kuala Kencana Timika yang wilayah hukumnya meliputi Kabupaten Mimika yang terdiri dari 16 Distrik (Kecamatan).

Dengan adanya perusahaan tambang PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika telah membuat geliat perekonomian semakin membaik. Keadaan tersebut telah memancing masyarakat pendatang yang mencari nafkah di Timika semakin banyak, sehingga Timika menjadi wilayah yang penduduknya semakin padat dan heterogen. Seiring dengan itu, angka kejahatan yang terjadi di Kabupaten Mimika khususnya di Timika semakin hari semakin meningkat dan semakin bervariasi.

Dalam perkara pidana baik pidana umum maupun pidana khusus, Kejaksaan Negeri Mimika telah menyelesaikan penanganan perkara secara baik dan profesional dalam rangka mewujudkan penegakan hukum, kepastian hukum dan keadilan. Dalam bidang perdata dan tata usaha negara, Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Mimika telah memberikan bantuan hukum dan pertimbangan hukum kepada Pejabat/Instansi Pemerintah baik Instansi Pusat yang di tempatkan di daerah maupun kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika serta melakukan pelayanan hukum kepada masyarakat. Selain itu Kejaksaan Negeri Mimika melalui TP4D telah berperan aktif dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan proyek-proyek pembangunan strategis di Kabupaten Mimika.

Kami menyadari selama ini kurang adanya tranformasi informasi tentang kinerja Kejaksaan terhadap masyarakat padahal di era transparansi saat ini, masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Mimika perlu mengetahui kinerja yang sedang dan telah dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Mimika, bak pepatah “kalau tak kenal maka tak sayang” maka untuk mewujudkan hal tersebut dibuatlah website Kejaksaan Negeri Mimika sebagai sarana tranformasi informasi agar masyarakat Kabupaten Mimika dapat mengetahui, mengerti, memberi masukan/saran atau koreksi demi terciptanya penegakan hukum dan pelaksanaan pembangunan yang lebih baik.

Demikian dan Terima Kasih.